Jumat, 08 Mei 2015

Adolf Loos

Adolf Loos


Adolf Loos (1870-1933) termasuk jajaran sebagai salah satu pelopor yang paling penting dari gerakan modern dalam arsitektur. Ironisnya, pengaruhnya sebagian besar didasarkan pada desain interior sedikit dan tubuh esai yang kontroversial. Bangunan Adolf Loos 's adalah contoh ketat keindahan keras, mulai dari cottage negara konvensional untuk planar komposisi untuk etalase dan tempat tinggal. Komposisi dibangun Nya sedikit dikenal di luar negara asalnya Austria selama tahun-tahun awal praktek.

Adolf Loos lahir di Brno (Bruenn), Moravia, sekarang Republik Ceko, pada 10 Desember 1870. Adolf Loos diperkenalkan ke kerajinan bangunan di usia dini saat bekerja di toko batu batu ayahnya. Pada usia tujuh belas. Adolf Loos menghadiri Royal dan Imperial State College di Reichenberg di Bohemia. Pada tahun 1889 Adolf Loos dirancang untuk satu tahun layanan di tentara Austria. Dari 1890 ke 1893, Adolf Loos belajar arsitektur di Sekolah Tinggi Teknik di Dres den. Sebagai mahasiswa, Adolf Loos sangat tertarik pada karya-karya klasik Schinkel dan, di atas semua, karya Vitruvius. Mengembangkan selera Adolf Loos 's yang jauh diperluas selama tiga tahun tinggal di Amerika Serikat, yang dimulai pada tahun 1893. Arsitek 23 tahun itu sangat terkesan dengan apa yang Loos Adolf dianggap sebagai efisiensi inovatif dari US bangunan industri, pakaian , dan perabot rumah tangga. Pada tahun 1896, Adolf Loos kembali ke Wina di mana Adolf Loos mulai bekerja di perusahaan bangunan Carl Mayreder.

Pada tahun 1897, di halaman The Neue Freie Presse Wina, Adolf Loos memulai serangkaian artikel polemik yang kemudian membentuk reputasi internasional. Adolf Loos tidak langsung menjawab arsitektur dalam tulisan-tulisannya. Sebaliknya, Adolf Loos diperiksa berbagai penyakit sosial, yang Adolf Loos diidentifikasi sebagai faktor yang memotivasi di balik perjuangan untuk transformasi kehidupan sehari-hari. Tulisan Adolf Loos 's fokus pada apa yang semakin Adolf Loos dianggap sebagai kelebihan dekorasi dalam desain Wina tradisional dan di dalam produk yang lebih baru dari Wina Secession dan Wiener Werkstatte. Pada tahun 1898, di halaman review Ver Sacrum, yang merupakan organ dari Wiener Secession, Adolf Loos menerbitkan sebuah esai yang menandai awal dari oposisi teoritis lama untuk gerakan seni noveau kemudian populer. Teorinya memuncak dalam sebuah esai pendek berjudul, "Ornamen Dan Kejahatan," yang diterbitkan pada tahun 1908. Untuk Adolf Loos, kurangnya ornamen arsitektur adalah tanda kekuatan rohani. Adolf Loos disebut sebaliknya, ornamen berlebihan, seperti kriminal - bukan untuk alasan moral yang abstrak, tetapi karena ekonomi tenaga kerja dan bahan terbuang dalam peradaban industri modern. Adolf Loos berpendapat bahwa karena ornamen tidak lagi merupakan manifestasi penting dari budaya, pekerja yang didedikasikan untuk produksi tidak dapat membayar harga yang adil untuk tenaga kerja nya. Esai cepat menjadi manifesto teoritis dan dokumen penting dalam sastra modern dan beredar luas di luar negeri. Le Corbusier kemudian dikaitkan "cleansing Homer" arsitektur untuk pekerjaan.


Hal lain dari pertentangan mengecam oleh Adolf Loos adalah masking dari sifat sejati dan keindahan bahan dengan sia-sia dan tidak senonoh ornamen. Pada tahun 1898 esainya yang berjudul "Prinsip Building," Adolf Loos menulis bahwa kosakata yang benar arsitektur terletak pada bahan sendiri, dan bahwa bangunan harus tetap "bodoh" di luar. Dalam karyanya sendiri, Adolf Loos kontras fasad keras dengan interior mewah. Sama seperti Mies van der Rohe, Adolf Loos tiba di pengurangan arsitektur untuk sebuah tautologi murni teknis yang menekankan kumpulan sederhana bahan. Artikel ini diikuti oleh 1.910 esai berjudul "Arsitektur," di mana Adolf Loos menjelaskan kontradiksi penting dalam desain: antara interior dan eksterior, monumen dan rumah, dan karya-karya seni dan benda-benda fungsi. Untuk Adolf Loos, rumah itu bukan milik seni karena rumah harus menyenangkan semua orang, tidak seperti sebuah karya seni, yang tidak perlu menyenangkan orang. Satu-satunya pengecualian, yaitu, satu-satunya konstruksi milik kedua seni dan arsitektur, adalah monumen dan batu nisan. Adolf Loos merasa bahwa sisa arsitektur, yang oleh keharusan harus melayani end tertentu, harus dikeluarkan dari ranah seni.


Pada tahun 1899, Adolf Loos dirancang Museum Cafe, yang terbukti menjadi salah satu proyek yang paling menonjol dari karya awalnya. Interior keras adalah perwujudan arsitektur yang matang dari penolakan diteorikan nya ornamen bergaya. Starkness dari "untattooed" fasad yang mengilhami nama populer Cafe Nihilismus menegaskan Adolf Loos 's mengembangkan teori dominasi teknik lebih dekorasi. Kafe juga menegaskan persamaan estetika nya keindahan dan utilitas dengan membawa setiap objek kembali ke nilai murni utilitarian. Untuk Adolf Loos, bahwa yang indah juga harus berguna. Dengan demikian, satu-satunya elemen Adolf Loos digunakan untuk pola langit-langit berkubah interior kafe yang strip dari kuningan, yang juga menjabat sebagai konduktor listrik. Sebuah karya yang lebih halus, kecil Karntner Bar Wina (1907), mengungkapkan dalam mikrokosmos sensitivitas besar arsitek untuk manipulasi spasial. Sekali lagi, Adolf Loos menunjukkan kesukaannya pada penggunaan ekspresif bahan-bahan alami seperti Adolf Loos terampil dimanipulasi bahan klasik termasuk marmer, onyx, kayu, dan cermin, ke dalam komposisi hati-hati pola visual.

Antara 1909 dan 1911, Adolf Loos dirancang dan dibangun salah satu karyanya yang paling terkenal, yang Looshaus kontroversial di Michaelerplatz, di jantung kota Wina tua. Desain yang kompleks ini diucapkan teorema pada hubungan antara memori dari masa lalu bersejarah dari kota besar dan penemuan kota baru didasarkan pada karya modern arsitektur. Desain ditandai dengan fasad bisu dari mana semua bentuk plastik hias tidak hadir. Untuk Adolf Loos, bahasa lingkungan metropolis berpusat dengan tidak adanya semua ornamen. Pada tahun 1910, kehebohan publik melahirkan dengan kesederhanaan desain modern menghasilkan urutan kota untuk menangguhkan kerja; konstruksi berhenti dan izin bangunan ditolak. Adolf Loos menanggapi serangan dalam pertemuan publik yang dihadiri oleh lebih dari 2000 warga marah. Kontroversi berakhir dengan kesepakatan untuk menambahkan kotak jendela dalam upaya untuk countrify dan membiasakan desain tidak populer.



Adolf Loos 's karya perumahan swasta ditandai dengan fasad putih unembellished. Akibatnya, bangunan ini telah secara rutin dikaitkan dengan karya Le Corbusier, JJ Oud, dan lain-lain. Di antara lebih terkenal adalah banyak diterbitkan Steiner Rumah (1910) dan scheu Rumah (1912), keduanya di Wina. Salah satu Adolf Loos 'proyek terbaik dikenal adalah entri untuk kompetisi Chicago Tribune Tower of 1922. Adolf Loos' kombinasi mengejutkan s kolom Doric di permukaan tanah dengan teknologi yang modern pencakar langit menunjukkan bahwa Adolf Loos kurang doktriner tentang hiasan dari rekan modernis nya percaya. Untuk Adolf Loos, kolom granit hitam dipoles, simbol klasik tahan lama dalam sebuah bangunan, yang sama sekali berguna dan karena itu indah.

Juga pada tahun 1922, Adolf Loos diangkat ke jabatan Kepala Arsitek Departemen Perumahan Komune Wina. Proyeknya selama ini yang terutama structions con termodulasi sekitar layout hanya terdiri-memanfaatkan teknologi konstruksi dasar. Pengaturan interior yang fleksibel dicapai melalui penggunaan partisi bergerak. Eksterior yang khas dari pinggiran kebun sayur perumahan, yang dianggap ekstensi penting dari tempat tinggal, ditugaskan prioritas tinggi. Adolf Loos segera tumbuh kecewa dengan pekerjaannya sebagai kepala arsitek. Sebagai hasil dari oposisinya terhadap ideologi maka saat Austria Marxisme, Adolf Loos mengundurkan diri dari jabatannya pada tahun yang sama Adolf Loos diangkat.


Adolf Loos pindah ke Perancis pada tahun 1922. Adolf Loos tinggal di sana sampai 1927, membagi waktunya antara Paris dan Rivier dengan sering perjalanan ke Austria, Jerman dan Cekoslovakia. Adolf Loos diterima antusias oleh avantgarde Perancis. Karyanya yang berjudul "Ornamen dan Kejahatan" diterjemahkan pada tahun 1920 di Esprit Nouveau, publikasi diedit oleh Le Corbusier, Paul Dermee, dan Ozenfant. Adolf Loos juga dipamerkan secara teratur di d'Automne, dan menjadi orang asing pertama yang terpilih untuk juri nya. Adolf Loos dibangun beberapa karya paling signifikan selama periode ini. Ini termasuk The Tzara Rumah di Paris (1926-1927), Villa Moller di Wina (1928), Villa Muller (1930), Villa Winternitz di Praha (1931-1932) dan Khuner Country House di Payerbach di bawah Austria. Monolitik di alam, karya-karya ini kontras sangat dengan arsitektur kaca yang didominasi gaya rasionalis dari tahun 1920-an. Sekali lagi, Adolf Loos seperti dalam sikap ketidakpedulian diperdebatkan fluktuasi dalam rasa saat ini.

Pada tahun 1930, pada ulang tahun keenam puluh nya, Adolf Loos secara resmi diakui sebagai master arsitektur. Adolf Loos dianugerahkan dengan pendapatan tahunan kehormatan oleh Presiden Republik Cekoslowakia. Esai yang dikumpulkan nya diterbitkan pada tahun berikutnya. Adolf Loos meninggal pada tanggal 23 Agustus 1933 dan dimakamkan di bawah batu nisan sederhana desain sendiri. Kontribusinya yang paling signifikan untuk arsitektur tetap wacana sastra. 


Karya besar :

Museum Caf, di Wina, Austria, 1898-1899.
Wohnung Leopold Langer, di Wina, Austria 1901.
Villa Karma, Clarens, di Montreux, Swiss, 1904-1906.
Wohnung Rudolf Kraus, di Wina, Austria, 1907.
Schmuckfedern-geschft Sigmund Steiner, di Wina, Austria, 1907.
American Bar, di Wina, Austria, 1907.
Wohnung Bellak, di Wina, Austria, 1907.
Schneidersalon Knize, Wina, Austria, 1909-1913.
Rumah di Michaelerplatz, di Wina, Austria, 1910-1911.
Steiner House, di Wina, Austria, 1910.
Scheu House, Wina, Austria pada, 1912-1913.
Horner House, di Wina, Austria, 1921.
Rufer House, di Wina, Austria, 1922.
Villa Stross, di Wina, Austria, 1922.
Landhaus Spanner, di Gumpoldskirchen, Austria 1923.
Toko besar (proyek), di Alexandria, Mesir 1924.
Tristan Tzara House, di Paris, Perancis, 1926-1927.
Moller House, Wina, Austria pada, 1927-1928.
Wohnung Hans Brummel, di Wina, Austria, 1929.
Wohnung Willy Hirsch, di Pilsen, Republik Ceko 1929.
Khuner Villa, di di Kreuzberg, Payerback, Austria, 1930.
Villa Mller, Praha, Republik Ceko, 1930.
Wohnung Leo Brummel, di Wina, Austria, 1930.
Mller House, di Praha, Republik Ceko, 1930.
Landhaus Khuner, Payerbach, Austria, 1930.
Bojko House, di Wina, Austria, 1929-1930.
Mitzi House, di Wina, Austria, 1931.
Rumah di Wina Werbund, Austria, 1930-1932.
Semler House, di Pilsen, Republik Ceko 1932.


bibliography:
1. Adolf Loos, Spoken into the void: collected essays, 1897-1900, MIT Press, Cambridge, Mass., 1982.
2. B. Gravagnuolo, Adolf Loos, Rizzoli, New York, 1982. L. Miin2, Adolf Loos, Praeger, New York, 1966.

 

Sumber : architect.architecture.sk










0 komentar:

Posting Komentar