Kamis, 21 Mei 2015

Walt Disney Concert Hall



 
Enam belas tahun setelah proyek dimulai, Walt Disney Concert Hall dibuka pada tanggal 23 Oktober, untuk rave kritis hampir umum dari penonton, musisi, dan pers. Bangunan Frank Gehry dirancang sudah menjadi ikon arsitektur untuk abad ke-21 dan tampak sebagai langkah maju yang besar dalam revitalisasi pusat kota Los Angeles. Disney Balai dibuka dengan tiga malam gala pemrograman jelas berbeda - menampilkan musik simfonik tradisional, modern dan populer membuktikan akustik ruang untuk menjadi sangat baik. Kehangatan dan keakraban dari ruang konser, halus, permukaan bulat dari Douglas cemara dan karpet berwarna-warni dan kursi dan akustik yang luar biasa bersama dengan berkilauan nya, eksterior bergelombang dari stainless steel (sudah foto-op populer bagi wisatawan) pasti akan menempatkannya antara ruang konser terkemuka di dunia.


Sebagai konsultan desain teater untuk Walt Disney Concert Hall, Teater Proyek Konsultan terlibat sejak awal perencanaan dan desain pada tahun 1989. Connecticut dan London kantor TPC bekerja dengan arsitek dan Acousticians Frank Gehry, Dr. Minoru Nagata dan Yasuhisa Toyota, untuk menentukan bentuk dan konfigurasi ruang konser, serta layout tempat duduk, sightlines, platform desain konser dan pencahayaan kinerja. Sepanjang proyek kami dipantau perubahan yang terjadi pada tingkat dan tata letak tempat duduk, menggunakan CAD program 3-D yang disediakan studi sightline dari setiap kursi di aula. Hari ini LA Philharmonic menggunakan studi sightline 3-D ini pada situs web mereka untuk penjualan tiket.

Tim desain TPC dipimpin oleh Richard Pilbrow dengan Jerry Godden sebagai Project Manager. Mereka dengan tanggung jawab utama termasuk George Ellerington, Tahap Teknik; Mark Stroomer, duduk dan sightlines, dan David H. Rosenburg, Stage Lighting.



Elemen desain teater yang unik termasuk platform konser yang terdiri dari 13 lift tahap, masing-masing digerakkan oleh motor individu dan mampu berbagai konfigurasi panggung. Lift dioperasikan oleh teknologi komputer nirkabel dengan kontrol layar sentuh pada tingkat tahap yang dapat diprogram terlebih dahulu dan dikendalikan oleh operator tunggal. Fitur lain yang khusus dari platform adalah tangga mekanis dioperasikan cerdik, yang secara otomatis meningkatkan dan menurunkan dengan gerakan mengangkat, menyediakan akses ke tingkat platform atas. Teknologi ini memungkinkan pementasan efektif segala sesuatu dari kekuatan penuh LA Philharmonic Orchestra kelompok ensemble kecil.



Desain pencahayaan panggung adalah tantangan tertentu, karena keduanya arsitek dan Acousticians ingin langit-langit dengan sedikit bukaan mungkin dan tidak ingin instrumen pencahayaan menjadi terlihat. TPC disajikan solusi yang mencakup serangkaian lubang mengkilap di langit-langit, di mana beberapa lampu dapat difokuskan melalui lubang tunggal, mengkilap pencahayaan jembatan, dan dua jembatan pencahayaan yang dapat benar-benar tertutup oleh pintu mekanik. Ada juga tenaga listrik tambahan yang disediakan di langit-langit untuk penerangan tambahan dan tali-temali kuat-poin yang tersedia untuk menggantung gulungan pencahayaan, layar, atau elemen indah.



Disney Hall siap menikmati penuh program lebih dari itu dari penghuni utamanya, LA Philharmonic Orchestra. Teknik Harmonik dari Toronto merancang sistem suara amplifikasi canggih yang telah diinstal untuk digunakan dengan program lain selain musik simfoni. Tidak ada keraguan bahwa Walt Disney Concert Hall sudah baik sebuah landmark arsitektur dan budaya di Los Angeles.

0 komentar:

Posting Komentar