Meskipun pada tahun 1927 Loos tinggal di Paris, di salah satu perjalanan ke Wina ia ditugaskan oleh pengusaha tekstil Hans Moller untuk merancang rumah di sebidang yang dimilikinya di ibukota Austria.
Loos menerima komisi dan dengan itu cara mereka bekerja "jaringan" sementara Zlatko Neumann, salah satu ajudannya, rencana yang disiapkan di Paris, yang lain mantan mahasiswa, Jacques Groag dieksekusi pesawat dikendalikan dan bekerja di Wina.
Lokasi
Pengusaha tekstil yang dimiliki plot di salah satu daerah pemukiman paling diinginkan dari Wina, Pötzleinsdorf. Sebuah matahari menghadap ke selatan dan dapat diakses dari utara melalui Starkfredgasse, idyllically dikelilingi oleh bukit-bukit.
Deskripsi
Fasad
Jalan fasad
Fasad publik, yang menghadapi jalan, simetris dan sadar: "di luar rumah sederhana dan dalam kekayaan Anda menunjukkan dalam segala kelimpahan", menentang belakang yang menghadap ke taman dan terhuyung-huyung, secara bertahap menghasilkan teras, adalah sebuah front "pribadi "yang akan digunakan dan dinikmati oleh pemilik rumah. Sebagai Villa Müller, termasuk jenis villa bertingkat.
Protagonis dinding eksterior ini putih, kompak dan solid, persegi panjang yang menonjol sifat geometris dan peran tembok yang memisahkan masyarakat dari swasta dibor hanya dengan jendela persegi panjang dan vertikalitas dari poros input. Satu-satunya unsur yang menonjol adalah paralelepiped tergantung pada entri kosong, seolah-olah untuk menentang hukum abstraksi yang mendominasi fasad.
Fasad publik, yang menghadapi jalan, simetris dan sadar: "di luar rumah sederhana dan dalam kekayaan Anda menunjukkan dalam segala kelimpahan", menentang belakang yang menghadap ke taman dan terhuyung-huyung, secara bertahap menghasilkan teras, adalah sebuah front "pribadi "yang akan digunakan dan dinikmati oleh pemilik rumah. Sebagai Villa Müller, termasuk jenis villa bertingkat.
Protagonis dinding eksterior ini putih, kompak dan solid, persegi panjang yang menonjol sifat geometris dan peran tembok yang memisahkan masyarakat dari swasta dibor hanya dengan jendela persegi panjang dan vertikalitas dari poros input. Satu-satunya unsur yang menonjol adalah paralelepiped tergantung pada entri kosong, seolah-olah untuk menentang hukum abstraksi yang mendominasi fasad.
Resepsionis
Berbeda dengan karakter parah dan signifikan dari fasad utama, sisi yang menghadap ke taman didominasi oleh sepele cara, balkon, jendela, tangga, pegangan tangan dan semua komponennya sesuai kebugaran Anda untuk digunakan, tanpa mengacu arti lain, jendela hanya jendela, apakah itu "jendela sepele"
Berbeda dengan karakter parah dan signifikan dari fasad utama, sisi yang menghadap ke taman didominasi oleh sepele cara, balkon, jendela, tangga, pegangan tangan dan semua komponennya sesuai kebugaran Anda untuk digunakan, tanpa mengacu arti lain, jendela hanya jendela, apakah itu "jendela sepele"
Interior
Hanya bantalan dinding eksternal sehingga Raumplan bisa berkembang di dalam. Gear dari ruang adalah sebuah karya seni yang sama dengan Villa Müller di Praha dan seperti dalam tingkat ini istirahat terpisah tanaman dan menghubungkan ruang tamu di ruang makan atau lingkungan lainnya.
Lantai pertama
Pintu masuk hall, pada tingkat yang lebih rendah, adalah penting untuk tangga banyak, langkan atau pegangan tangan dan terutama memiliki akses ke lantai atas, yang menampilkan lima perubahan dari arah 90 ° dari pintu masuk ke lobi. Loos digunakan warna yang kuat di bagian rumah. Pada tingkat ini ada lemari, di sisi lobi, layanan kamar dan garasi.
Dari lobi untuk mengakses ruang musik atau ruang tamu, menghadap ke taman dan terhubung ke ruang makan di salah satu sudut yang ditempatkan kursi sudut, mirip dengan Villa Müller memegang dalam kabinet Ibu dan seperti kesempatan Anda harus naik beberapa langkah untuk mencapai itu. Dari sudut ini Anda memiliki gambaran dari seluruh rumah, mencapai taman dan teras dan jendela yang juga dapat melihat jalan, sehingga salah satu sudut atas tanah.
Kantor pemilik rumah juga di lantai ini, bersama-sama dengan dapur dan perpustakaan.
Dari lobi untuk mengakses ruang musik atau ruang tamu, menghadap ke taman dan terhubung ke ruang makan di salah satu sudut yang ditempatkan kursi sudut, mirip dengan Villa Müller memegang dalam kabinet Ibu dan seperti kesempatan Anda harus naik beberapa langkah untuk mencapai itu. Dari sudut ini Anda memiliki gambaran dari seluruh rumah, mencapai taman dan teras dan jendela yang juga dapat melihat jalan, sehingga salah satu sudut atas tanah.
Kantor pemilik rumah juga di lantai ini, bersama-sama dengan dapur dan perpustakaan.
Lantai kedua
Tanaman ini adalah semua tingkat yang sama dan di dalamnya adalah perumahan tersedia 5 kamar tidur, dikomunikasikan melalui lorong melintang juga memberikan akses ke kamar mandi yang besar.
Pemisahan antara kamar tidur pada dasarnya dilakukan dengan lemari kayu yang berfungsi sebagai dinding partisi.
Lantai tiga
Sebuah tangga spiral menghubungkan lantai pertama yang kedua, yang terdiri dari dua kamar dan teras besar.
Exterior
Teras belakang berkomunikasi melalui beberapa langkah, rumah dengan taman, yang dirancang oleh Anna Lang, yang pada tahun 1931 membangun sebuah paviliun kecil, meminta arsitek Franz Singer dan Friedi Dicker, teman keluarga Moller.
Material
Di kota ini Loos digunakan berbagai jenis kayu panel ocumé di ruang tamu dan musik dengan lantai parket di Macassar ebony. Ruang makan ocumé sama dilapisi dan pilaster dan basa marmer travertine.
Di kota ini Loos digunakan berbagai jenis kayu panel ocumé di ruang tamu dan musik dengan lantai parket di Macassar ebony. Ruang makan ocumé sama dilapisi dan pilaster dan basa marmer travertine.
0 komentar:
Posting Komentar