Jumat, 22 Mei 2015

Beijing National Grand Theatre





National Centre for the Performing Arts (NCPA)

Beijing National Grand Theatre: sebuah pulau budaya di tengah danau.

Bangunan ini terletak di jantung Beijing pada Chang An Road sebelah Balai Besar Rakyat dan sekitar 500 meter dari Tian An Men Square dan Kota Terlarang.

Ini adalah sebuah bangunan melengkung, dengan total luas permukaan 149.500 meter persegi, yang muncul seperti sebuah pulau di tengah danau. Titanium shell dalam bentuk ellipsoid super dengan rentang maksimum 213 meter, rentang minimal 144 meter dan tinggi 46 meter). Hal ini dibagi dua oleh penutup kaca melengkung, 100 meter lebar dasar.

Pada siang hari, cahaya mengalir melalui atap kaca ke dalam gedung. Pada malam hari, gerakan dalam dapat dilihat dari luar. Bangunan rumah tiga auditorium kinerja - sebuah rumah opera 2.416 kursi, sebuah konser 2.017 kursi dan 1.040 teater - serta ruang seni dan pameran dibuka untuk masyarakat luas dan terintegrasi ke dalam kota.

Bangunan ini terhubung ke pantai dengan cara 60 meter underpass transparan panjang. Pintu masuk ini meninggalkan eksterior bangunan utuh, tanpa bukaan dan misterius mencari sambil memberikan masyarakat dengan bagian dari dunia sehari-hari mereka ke dunia opera, fiksi dan mimpi.

Daerah dalam yang terbuka untuk masyarakat umum berbentuk distrik perkotaan dengan suksesi ruang yang berbeda: jalan-jalan, plaza, pusat perbelanjaan, restoran, ruang tenang dan lounge menunggu. Public area ini sangat berkembang dalam rangka untuk memberkati gedung dengan terbuka, karakter populer. Kompleks ini dirancang sebagai forum terbuka bukan tempat untuk menunjukkan elitis. The auditorium kinerja yang berbeda terbuka ke concourse umum ini. Pintu masuk mereka diposisikan sehingga untuk memastikan pemerataan orang, dan halus, aliran mudah di mana-mana saat memberikan setiap elemen dalam proyek karakter yang khas.





Opera house berada di pusat. Ini adalah elemen yang paling penting dalam proyek, dan dengan seni yang dipraktekkan di sana, itu adalah salah satu yang paling tergantung pada konvensi.

Lorong-lorong kinerja dan tempat umum yang dibangun di atas dasar yang rumah semua fasilitas operasi dan dukungan dalam kompleks yang dirancang untuk menjadi seperti efisien dan ekonomis diatur sebagai daerah produksi industri.

Gedung opera tercakup dalam mesh logam emas. Ini adalah buram di atas dinding dan ketika daerah belakangnya yang gelap namun menjadi sebagian transparan ketika ada cahaya di seperti cara yang mengungkapkan apa yang ada saat membuat jarak. Para penonton memasuki rumah opera melalui salah satu dari dua pintu besar di dinding cincin emas. Ketika mereka melewati ambang ini mereka menembus ke dunia sirkulasi vertikal yang membawa mereka bahkan lebih jauh dari dunia luar dan menarik mereka dekat titik dalam ruang dan waktu ketika acara akan dimulai. Dari lobi, mereka masih terlihat di kejauhan diciptakan oleh transparansi parsial. Dinding sehingga mengungkapkan penutupan dan pemisahan tetapi juga, dan lebih signifikan, jarak psikologis dan simbolik yang harus menyeberang untuk mendapatkan akses ke dunia teater konvensi.

Keputusan untuk membangun National Grand Theatre di tempat impor sejarah dan simbolik seperti jelas membuktikan pentingnya diberikan kepada budaya dalam hubungannya dengan sejarah dan dunia kontemporer.


0 komentar:

Posting Komentar